Sabtu, 26 Mei 2012

0 Macam macam hardware yang terdapat di CPU


   Assalamualaikum wr wb, Hardware dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, yaitu hadware yang berfungsi sebagai  masukan (INPUT), hardware yang berfungsi sebagai proses(PROSES), dan yang sebagai keluaran(OUTPUT)
         Hardware yang berfungsi sebagaui masukan adalah perangkat yang digunakan utuk menerima data yang akan di proses/di olah komputer.Hardware yang sebagai pemrosesan berfungsi untuk mengolah data dari masukan dan di terjemahkan dan di keluarkan hasilnya oleh perangkat keluaran.

Macam macam hardware:

A. Processor


Prosesor adalah otak dan pusat pengendali komputer yang menjadi tenaga pelaksana dari seluruh eksekusi program/perintah. prosesor memiliki tiga bagian yaitu:

1. Arithmatict Logical Unit (ALU) 
    
berfungsi sebagai pusat segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah sistem komputer.

2. Control Unit(CU)

yang berfungsi untuk mengatur semua lalu lintas data maupun perhitungan yang di lakukan prosesor.

3. Memory Unit(MU)

berfungsi untuk unit pendukung, dimana perintah perintah yang sering di gunakan oleh prosesor akan di simpan sementara di bagian ini.

Kecepatan prosesor adalah internal clock  dari sebuah prosesor, artinya kecepatan tersebut merupakan clock yang bekerja secara internal ketika prosesor melakukan eksekusi perintah-perintah.

Internal clock = FSB * clock ratio

keterangan:

Internal clock = kecepatan prosesor
FSB               = EKSTERNAL CLOCK
Clock ratio    = multiplier atau faktor penggali

FSB dari masing masing prosesor berbedabeda tegantung jenis prosesor.

Dulu ukuran kecepatan CPU adalah clock speed (GHz, MHz, KHz), contoh: 2.80GHz LEBIH cepat daripada 1.05GHz. Semakin tinggi clock speed berarti CPU mampu memproses intruksi komputer. sekarang ukuran kecepatan tidak hanya tergantung pada clock speed saja. Faktor lain adalah:

a. Dual-Core

mampu memproses beberapa aplikasi secara paralel. dengan HT, beberapa aplikasi dijalankan dalam 1 arus, tetapi dual-core, tugasnya dipisah pisah menjadi beberapa arus dan tiap arus di proses sediri sendiri.


b. HT (Hyper Thearding)

Memungkinkan dua pekerjaan untuk dijalankan pada saat yang sama (Seri). Dengan HT, anda bisa menjalankan aplikasi dengan cepat tanpa lambat











B. Motherboard
Motherbord merupakan papan utama tempat komponen-komponen saling berintraksi. Tempat meletakan beberapa komponen seperti prosesor, memory, chache, CHIPSET, VGA, dll.

Komponen pada motherboard adalah:

1. CHIPSET
Berfungsi sebagai interface antara trafik dan kontrol aliran informasi kedalam komputer. Mengontrol informasi pengaksesan prosesor ke dalam memory, chace, mengalirkan data ke dan dari device lain.
Intel chipset
VIA Chipset










pada motherboard chipset terbagi menjadi 2 bagian, yaitu North Brigde dan South Bridge. North bridge berfungsi mengatur jenis prosesor, mengatur kecepatan memori dan sejenisnya. sedangkan south brigde berfungsi untuk mengatur kecepatan transfer hardisk, dukungan periperal interface USB, Firewire, dukungan terhadap onboard soundcard dan modem, dukungan integrated terhadap I/O, dan hardware monitoring.

2. BIOS (Basic Input Output System)
BIOS AMI
merupakan level  PROGRAM paling dasar, fungsinya untuk mengendalikan sitem device yang ada di motherboard serta di Operating system yang digunakan. BIOS berjalan saat komputer di jalankan, dan akan memeriksa sistem.








3. SLOT ekpansi

pada semua jenis motherboard terdapat slot ekspansi yang berfungsi untuk memasang card yang dipakai untuk aksesoris tambahan yang diperlukan sebagai peluasan pemakai komputer yang kini makin di kembangkan. macam-macam slot adalah:

a. Slot PCI
MENGGUNAKAN 47 pin dan kecepatan transfer datanya 264MB/s. slot ini digunakan untuk VGA,Sound card, modem, LAN card, dll.
Slot PCI
b. Slot AGP
slot ini digunakan untuk VGA, kecepatannya lebih tinggi dibandingkan slot PCI. teknologi AGP (2x, 4x, 6x, 8x)
Slot AGP
4. Port I/O
merupakan port atau tempat dipasangnya konnektor dari peralatan I/O di bawah kontrol processor. Port yang ada adalah:

a. Port Parallel (LPT1 & LPT2)
Yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan standar parallel port 200KBps, kabel konektor adalah 25pin, peralatan yang menggunakan port ini adalah printer, scaner, dll.

b. Port serial (COM 1 dan COM2)
adalah port dengan kecepatan transfer data dengan kecepatan lebih rendah dibandingkan dengan jenis parallel. kabel konektor COM1 9pin dan untuk com2 25PIN.

Com1
Com2
 c. Port ECP/EPP
Adalah port yang mempunyai kecepatan trasfer data 2000 s/d 10.000KBps.
d. Port AT/PS2 (ECP/EPP)
Port ini digunakan untuk memasukan daro mouse dan keyboard.

d. Port USB
Merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan tranmisi data secara serial. Peralatan yang menggunakan port ini adalah : Mouse,keyboard,Printer,Kamera Digital,WebCam,Modem,Flash disk, dll
e. Port VGA
Merupakan port yang langsung berhubungan dengan monitor. port VGA didapatkan dari pemasangan VGA card atau bila VGA onboard langsung ada tanpa pemasangan VGA card.
 f. Port Audio
Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio.


g. Port Hardisk/CDROM
Port ini biasanya digunakan untuk hardisk atau CDROM, port ini terdapat dua pada motherboard






0 komentar:

Poskan Komentar

 

Real WEB Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates